BERITA


Best Practices Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)

Oleh : Kuncoro Sabdo, S.P.

Tujuan
1. Membuat motivasi belajar siswa semakin meningkat
2. Memanfaatkan teknologi informasi dalam pembelajaran dengan optimal melalui media pembelajaran yang inovatif dan konstektual
3. Mencapai kompetensi keilmuan dan keterampilan siswa dalam pengolahan produksi kopi yaitu menguasai prinsip dan tekhnik pengolahan kopi serta melalui praktek mampu mengolah kopi dengan benar sampai menghasilkan kopi bubuk yang berkualitas.

Latar belakang masalah
1. Peserta didik masih ada yang memiliki semangat belajar rendah.
2. Pemanfaatan teknologi informasi (TIK) dalam pembelajaran belum digunakan secara optimal
3. Model pembelajaran yang inovatif sesuai dengan karakteristik materi belum dioptimalkan dalam praktek pembelajaran sehingga kompetensi keilmuan dan keterampilan belum terpenuhi

Praktik baik ini penting untuk dibagikan karena banyak sekolah, Guru dan Siswa mengalami tantangan yang sama, untuk itu dengan dibagikannya praktek ini harapannya dapat berbagi pengalaman kepada orang lain, memotivasi guru lain untuk berbuat yang terbaik bagi siswa dengan membuat perencanaan dan model pembelajaran yang tepat. Bagi siswa dengan dibagikannya praktik ini akan mendorong mereka terus memperbaiki diri dan kualitas untuk mencapai kompetensi yang diharapkan.

Peran Guru
1. Mendalami keunggulan sekolah yaitu produk kopi
2. Menyusun suatu rencana pembelajaran (RPP) yang  berpusat pada siswa, kontekstual, terukur dan inovatif termasuk lampiran-lampirannya (LKPD sebagai panduan siswa, kisi-kisi dan instrumen penilaian, soal tes, tugas, modul pelajaran dan media pembelajaran dalam bentuk PPT untuk presentasi ke siswa)
3. Membuat video pembelajaran tentang materi yang akan saya sampaikan. 
4. Melakukan pembelajaran sesuai dengan RPP yang saya buat.

Tantangan
1. Terbatasnya sumber bacaan dan literatur yang komprehensif tentang kopi.
2. Terbatasnya Sarana dan prasarana praktek yang sesuai kapasitas praktek.
3. Siswa belum terbiasa belajar dengan panduan RPP yang benar. Tingkat komunikasi rendah dan kurang percaya diri.
4. Pembelajaran ini harus mampu menghasilkan produk kopi yang berkualitas

Pihak Yang Terlibat 
1. Saya sendiri sebagai guru yang merencanakan dan mengatur serta melaksanakan pembelajaran
2. Kepala sekolah sebagai pemimpin kami memberikan ijin dan fasilitas untuk melaksanakan pembelajaran
3. Rekan guru membantu memberikan masukan tentang kondisi siswa yang akan mengikuti pembelajaran. 
4. Siswa yang akan mengikuti pembelajaran tentang pengolahan produksi kopi ini. Pada praktik kali ini siswa yang mengikuti pembelajaran adalah Siswa kelas XI APHP

Langkah Pembelajaran
1. Mencari referensi tentang kopi dan melakukan studi literatur untuk mendapatkan landasan teori yang tepat dalam penyusunan media pembelajaran.
2. Koordinasi dengan kepala sekolah tentang kondisi sekolah dan siswa. Mendengarkan masukan dan saran dari kepala sekolah bagaimana agar bisa meningkatkan potensi siswa dan keunggulan sekolah.
3. Melakukan diskusi dan wawancara dengan siswa tentang minat, problem dan tantangannya dalam melakukan pembelajaran. 
4. Wawancara dengan rekan sejawat tentang pembelajaran dan kondisi siswa
5. Setelah melakukan langkah tersebut dan mengeksplorasinya maka saya merumuskan solusi yaitu suatu media pembelajaran yang inovatif, konstektual, berpusat pada siswa dan memiliki tujuan yang jelas, terdiri dari RPP pengolahan produksi kopi, LKPD sebagai alat bantu siswa, kisi-kisi, soal, intrumen, rubrik dan penilaian, modul pembelajaran, video pembalajaran dan media pembelajaran dalam bentuk PPT interaktif.

Strategi
1. Pembelajaran saya lakukan dengan peserta didik adalah kelas XI APHP SMKN 1 Sukanagara.
2. Model pembelajaran adalah PjBL dengan tujuan untuk menghasilkan produk kopi bubuk berkualitas Coziera.
3. Langkah pembelajaran yang saya lakukan terdiri dari 3 (tiga) tahap yaitu pembukaan, kegiatan inti dan penutup.
4. Pada kegiatan pembukaan yang dilakukan adalah doa, absen, memberikan motivasi, apersepsi dan gambaran singkat tentang praktek/proyek yang akan dilakukan. Guru membagi siswa dalam kelompok dan membagikan LKPD sebagai alat bantu proyek.
5. Kegiatan inti ada 6 sintak;
a) Uraian singkat tentang proyek/praktek kemudian memutar video pembelajaran yang sudah saya buat. Siswa menyampaikan pertanyaan mendasar tentang kualitas kopi yang akan kita hasilkan. Bagaimana cara mencapai tingkat kualitas yang diinginkan dan siswa kompeten melakukannya.
b) Guru menguraikan materi tentang sortasi green bean-roasting-giling dan kemas. 
c) Bersama guru dan siswa melakukan perencanaan dan penjadwalan proyek. Siswa diberikan tugas untuk diskusi dan presentasi tentang materi praktek sebagai bekal pelaksanaan praktek.
d) Guru menunjukkan alat, bahan dan cara melakukan praktek roasting, giling dan kemas. Kemudian siswa melakukan praktek dan menulis langkah-langkahnya di LKPD.
e) Setelah praktek guru melakukan evaluasi singkat serta memberikan tugas presentasi pelaksanaan praktek dan hasil praktek. Siswa melakukan presentasi dan saling menanggapi antar kelompok. 
f) Guru memberikan tugas laporan akhir untuk dikumpulkan di pertemuan selanjutnya.
6. Pada kegiatan penutup guru melakukan refleksi pembelajaran, apresiasi kepada siswa dan doa penutup oleh siswa

Bahan
1. Buah kopi (Chery) – 30 kg
2. Biji kopi green bean – 20 kg
3. Roast bean – 1 kg

Alat-alat
1. Nampan untuk tempat kopi – 2 unit
2. Mesin roasting – 1 unit
3. Mesin Grinder – 2 Unit
4. Timbangan digital – 2 unit
5. Kemasan Coziera – 6 pcs
6. Sendok – 2 unit
7. Lap – 2 Unit
8. Jas lab – 11 potong

Perlengkapan
1. Laptop Think Pad – 1 unit
2. HP – 2 Unit
3. Projector Ben-Q – 1 Unit
Roll Listrik – 1 Unit 
Dampak Pada Siswa
1. Tingkah laku siswa lebih teratur dan disiplin dalam pembelajaran, serta lebih tertarik mengikuti pembelajaran. Siswa lebih percaya diri dan mampu mempresentasikan proyeknya. Siswa juga mampu berpikir kritis dan menanggapi presentasi temannya. Hal yang paling menonjol adalah Motivasi siswa untuk belajar menjadi lebih tinggi dan ingin lebih berprestasi.
2. Siswa semakin dipermudah dengan penggunaan tekhnologi informasi (TIK) seperti video praktek, presentasi yang informatif sehingga membuat suasana belajar lebih menyenangkan.
3. Keterampilan dan kompetensi siswa meningkat dengan baik terbukti mampu menguasai pengolahan kopi dengan benar. Siswa juga mampu mengerjakan tugas, latihan soal dan membuat laporan praktek dengan baik.

Hasil dari Praktik
1. Berdasarkan penilaian hasilnya dari 3 hal yaitu Sikap dan motivasi , Ranah Kognitif (pengetahuan) dan ranah keterampilan sudah berhasil dilaksanakan dan dicapai oleh siswa baik secara individu maupun kelompok.
2. Penggunaan TIK membuat siswa lebih tertarik belajar dan suasana belajar lebih menyenangkan.
3. Tujuan pembelajaran tercapai yaitu mampu mengerti dan memahami cara dan proses pengolahan kopi serta mampu melakukan pengolahan kopi sampai mendapatkan hasil yaitu kopi bubuk coziera

Faktor-faktor Keberhasilan
1. Adanya dukungan dari Kepala Sekolah dan guru terkait
2. Siswa antusias untuk mengikuti pembelajaran
3. Adanya mesin-mesin yang bisa dipakai untuk praktek
4. Bahan kopi berkualitas tersedia secara melimpah di lingkungan kami
5. Tempat praktik tersedia baik teaching factory maupun coffe shopnya
6. Dukungan dari rekan yang membantu untuk perekaman.
7. Bimbingan dari Dosen dan Guru Pamong sehingga pembelajaran bisa dilakukan dengan baik

Kesimpulan
1. Untuk mengajar dengan baik perlu menganalisis dengan benar permasalahan yang dihadapi siswa baik internal siswa maupun lingkungannya
2. Menganalisis solusi yang tepat dari permasalahan yang ada
3. Membuat rencana pembelajaran yang jelas dan terukur. Jelas tujuan pembelajarannya dan terukur apa yang akan dicapai berdasarkan indikator yang sudah ditetapkan
4. Melaksanakan semua rencana dengan tepat waktu dan disiplin serta mendokumentasikan dengan baik
Melakukan evaluasi dan refleksi untuk kemajuan dimasa yang akan datang


0 Komentar

Kirim Pesan

PROFIL SEKOLAH

Kopi Produk Unggulan SMKN 1 Sukanagara

SMK Pusat Keunggulan

Gebyar Vaksinasi

Statistik Pengunjung

Flag Counter

Kontak

Alamat :

Jalan Raya Mekarsari Km.07 Gunungsari

Telepon :

085724452788

Email :

info@smkn1sukanagara.sch.id

Website :

smkn1sukanagara.sch.id

Media Sosial :