BERITA


PGP dan Upaya Membangun Sikap Optimisme Guru

Oleh
Eri Fauzi Rahman
(Guru SMKN 1 Sukanagara)

"Tidak ada yang tidak mungkin, semua bisa saja terjadi, yang penting berusaha dulu, jika Tuhan sudah menghendaki, sesuatu yang kita anggap tidak mungkin itu pasti akan terjadi". Begitu kata teman saya.

Saya pun mengangguk dan mengiyakan perkataannya. Teman saya ini memang luar biasa. Rupanya prinsip itulah yang membuat dia selalu berkarya dan produktif sekali dalam kesehariannya. Dia selalu optimis dalam menjalani kehidupannya.

Sebelum ia mengikuti Program Guru Penggerak (PGP) dari Kementerian Pendidikan, sebetulnya saya sudah mengetahui sepak terjangnya. Sepertinya kalaupun tidak ada PGP, ia sudah menjadi seorang Guru Penggerak.

Memang benar, setelah saya membaca satu persatu dari isi PGP, saya berkesimpulan bahwa tujuan utama dari PGP ini diantaranya yaitu untuk membentuk karakter seorang guru yang mampu mendayakan semua kemampuannya secara konsisten, berani memandang ke depan, sehingga ia produktif dan bermanfaat bagi lingkungannya.

Dengan kata lain, seorang guru penggerak ialah guru yang memiliki sikap optimis menghadapi masa depan, dengan memfungsikan dayanya secara optimal.

Betul kata teman tadi, tantangan yang ada didepan mata itu, hadapi dengan optimis. Tidak ada yang tidak mungkin, asalkan mampu berdaya secara optimal lalu berkeyakinan bahwaTuhan pasti akan bersama hamba-Nya yang mau berpikir dan berusaha.

Sepertinya tidak bertentangan jika saya mengaitkannya dengan sebuah Hadist.

Innalloha Ta'ala Yunzilu al-Mau'nah a'la Qodri al-Maunah...

"Sesungguhnya Allah Ta'ala menurunkan pertolongan kepada seseorang sesuai dengan tingkat kebutuhannya...".

Hadist ini menambah keyakinan bagi saya, bahwa Allah SWT akan menurunkan pertolongan-Nya sesuai dengan apa yang kita butuhkan.

Apa yang kita alami di masa yang akan datang, tentunya itu lah yang terbaik bagi kita. Maka optimisme dalam menatap masa depan merupakan sebuah keniscayaan.

Alhasil, Program Guru Penggerak ini merupakan program yang sangat tepat untuk hari ini. Jadi saya pun tertarik dan ikut seleksi. Mudah-mudahan lulus seleksi, dan kalaupun tidak, itulah jalan terbaik yang dipilihkan Tuhan untuk saya.
***
(admin)


0 Komentar

Kirim Pesan

PROFIL SEKOLAH

Kopi Produk Unggulan SMKN 1 Sukanagara

SMK Pusat Keunggulan

Gebyar Vaksinasi

Statistik Pengunjung

Flag Counter

Kontak

Alamat :

Jalan Raya Mekarsari Km.07 Gunungsari

Telepon :

085724452788

Email :

info@smkn1sukanagara.sch.id

Website :

smkn1sukanagara.sch.id

Media Sosial :