BERITA


5 Langkah Tingkatkan Keberanian Diri

Oleh
Fitria Novianti, S.Pd.
(Guru SMKN 1 Sukanagara)

Kemampuan seseorang itu terlahir dari keberanian yang dimilikinya. Betul bahwa “bisa” itu karena “biasa”, dan untuk terbiasa butuh keberanian untuk mau terbiasa. 

Semakin besar keberanian yang dimiliki seseorang, maka akan semakin bisa juga untuk memiliki kemampuan.

Sebagai contoh seperti kemampuan mengendarai motor, seseorang tidak akan bisa mengendarai motor jika tidak memiliki keberanian untuk mulai terbiasa mengendarai motor. 

Contoh kecil lainya, misalkan kita ingin mampu berbicara di depan umum. Maka kita harus berani mulai membiasakan diri berbicara di depan umum.

Jadi, semuanya perlu adanya keberanian terlebih dahulu. Begitupun dalam setiap aspek kehidupan, keberanian merupakan karakter awal yang sangat dibutuhkan untuk menjalani hidup agar lebih maju. 

Namun, terkadang keberanian ini terkalahkan oleh adanya rasa malu dan takut yang berlebih dalam diri kita. Sehingga menghambat kemampuan yang ingin kita miliki. Hal tersebut perlu ditindak lanjuti, jangan sampai rasa malu dan takut yang berlebih itu menguasai diri kita. 

Berikut ini sedikit tips yang biasa kita lakukan, untuk meningkatkan keberanian agar mencapai apa yang kita inginkan:

1. Coba Aja Dulu 
Keberanian dalam diri kita akan menentukan hasil kemampuan yang kita inginkan. Hal pertama yang dapat kita lakukan untuk meningkatkan keberanian adalah dengan aksi “coba dulu aja”.

Ketika kita dihadapkan pada suatu keinginan yang kita harapkan, baik itu yang direncanakan diri sendiri dari sebelumnya, maupun secara tiba-tiba direkomendasikan orang lain, maka untuk mewujudkannya bisa dengan coba dulu aja.

Karena sekecil apapun keinginan kita, jika tidak diawali dengan mencoba atau memulainya maka sampai kapanpun keinginan yang kita harapkan itu tidak akan pernah kita dapatkan.  So, mulai dari sekarang jika kita punya keinginan, yuk…kita coba dulu aja.

2. Lakukan Lagi 
Setelah “coba dulu aja”, berikutnya lakukan lagi pada kesempatan yang berikutnya. Sesuatu yang sama dilakukan untuk kedua kalinya pasti akan lebih berani dari pada sebelumnya. 

3. Menerima jika tidak disukai
Keberanian yang sudah kita bangun pasti menemukan hambatan, diantaranya bisa berupa omongan atau pandangan orang lain, misalnya komentar netizen.  Adakalanya sesuatu hal positif yang kita lakukan itu tidak disukai netizen, padahal sedikitpun kita tidak merugikannya.

Ketika hal ini terjadi kita bisa bersifat bodo amat dan menerima hal itu. Dengan kita bersikap menerima ketidaksukaan orang lain terhadap yang kita lakukan, ini bisa dijadikan bahan evaluasi untuk lebih baik lagi. 

4. Jadikan kesalahan yang dilakukan sebagai motivasi untuk bangkit
Sesuatu yang baru kita lakukan tentu akan ada kesalahan-kesalahan di dalamnya. Langkah selanjutnya adalah jadikan kesalahan-kesalahan yang kita lakukan sebagai motivasi untuk bangkit memperbaiki dan berkembang dari pada sebelumnya.

5. Nikmati Prosesnya
Semenjak kita mulai mencoba sampai melakukannya beberapa kali, jangan lupa untuk dinikmati prosesnya. Karena semua yang dilakukan dengan penuh rasa kesenangan akan berjalan terasa sangat ringan dan mudah.

Keberanian sangat penting kita latih dan pupuk dalam diri kita demi terwujudnya keinginan yang diharapkan, sehingga sejatinya berani dulu baru bisa kemudian.

Apakah kamu punya tips lain untuk meningkatkan keberanian? Mari kita sama-sama belajar!***
(admin)


0 Komentar

Kirim Pesan

PROFIL SEKOLAH

Kopi Produk Unggulan SMKN 1 Sukanagara

SMK Pusat Keunggulan

Gebyar Vaksinasi

Statistik Pengunjung

Flag Counter

Kontak

Alamat :

Jalan Raya Mekarsari Km.07 Gunungsari

Telepon :

085724452788

Email :

info@smkn1sukanagara.sch.id

Website :

smkn1sukanagara.sch.id

Media Sosial :