BERITA


Linieritas Pembina Pramuka

Oleh

Haris, S.Pd.
(Guru/Pembina Pramuka SMKN 1 Sukanagara)

Gerakan Pramuka Indonesia adalah nama organisasi pendidikan nonformal yang menyelenggarakan pendidikan kepanduan di Indonesia. Kata "Pramuka" merupakan singkatan dari Praja Muda Karana, yang memiliki arti Jiwa Muda yang Suka Berkarya.

Pramuka adalah salah satu organisasi yang dijadikan ekstrakulikuler wajib di sekolah sebagaimana Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan (Permendikbud) nomor 63 tahun 2014 menetapkan bahwa kegiatan kepramukaan merupakan ektrakulikuler wajib. Gerakan Pramuka merupakan suatu organisasi yang dibentuk oleh pramuka untuk menyelenggarakan pendidikan kepramukaan.

Begitu penting dan wajibnya akan pendidikan kepramukan di sekolah tentu berdamapak pada Guru (Pembina) yang akan membina para peserta didik dalam kepramukaan, terlebih para pembina tidak hanya dituntut mahir dalam kepramukaan tetapi dutuntun juga dengan kelinieritasan Ijazah dan memiliki Surat Hak Bina (SHB). Menyikapi hal tersebut Pramuka Kwartir Ranting Kecamatan Sindangbarang mengadakan kegiatan Kursus Mahir Tingkat Dasar (KMD) dan Kursus Mahir Tingkat Lanjutan (KML). 

SMKN 1 Sukanagara tentunya tidak mau ketinggalan dengan adanya momen kegiatan tersebut, Bpk Muhamad Alwi, M.Tr.Pi selaku Kepala sekolah mengirimkan salah satu Guru (Pembina) pramuka untuk mengikuti kegiatan tersebut untuk meningkatkan mutu pendidikan dalam kepramukaan

Kegiatan tersebut diplopori Oleh Kak Nuryadin, S.Pd. ALG, Kak Ayi Taofik, S.Pd. M.MPd. ALG dan Kak Asep Supriadi, S.Pd. ALG dan mendatangkan beberapa para pelatih dari Kwartir Cabang Cianjur yang bertempat di Al-Mut'mainah Ciogong- Sindangbarang.

Kegiatan dilaksanakan selama satu minggu dan diikuti oleh peserta (KMD-KML) dari berbagai kecamatan di wilayah Kabupaten Cianjur.

Para peserta (KMD-KML) mendapatkan pendidikan, melalui proses pelatihan oleh Para pelatih yang dimulai dari Jam 07:00 sampai dengan jam 17:00 disetiap harinya

Sebelum mengikutu materi tentang kepramukaan di kelas, disetiap harinya diawali dengan blajar bagaimana tatacara Upacara pembukaan latiahan dari setiap golongan, Siaga, Penggalang dan penegak dan dibimbing langsung oleh para pelatih.

Dengan harapan hasil dari kegitan tersebut adalah untuk meningkatkan mutu dan kualitas para Pembina juga mencetak para pembina pramuka yang ada disekolah-sekolah menjadi insyan pramuka yang trampil, mahir dalam kepramukaan.***
(admin)


0 Komentar

Kirim Pesan

PROFIL SEKOLAH

Kopi Produk Unggulan SMKN 1 Sukanagara

SMK Pusat Keunggulan

Gebyar Vaksinasi

Statistik Pengunjung

Flag Counter

Kontak

Alamat :

Jalan Raya Mekarsari Km.07 Gunungsari

Telepon :

085724452788

Email :

info@smkn1sukanagara.sch.id

Website :

smkn1sukanagara.sch.id

Media Sosial :