BERITA


Meraih Keberkahan di Bulan Rajab

Oleh

Arni Purnama, S.E.
(Guru SMKN 1 Sukanagara)

Bulan Rajab diyakini sebagai bulan yang baik dan penuh keistimewaan. Rajab adalah bulan ketujuh dalam penggalan Hijriyah.
Nama rajab secara harfiah berarti dihormati, diagungkan, dan dikagumi. Bulan Rajab adalah bulan Allah, syaban adalah bulanku, dan ramadhan adalah bulan umatku.

Para ulama mengatakan bahwa bulan Rajab adalah bulan untuk memohon ampun, syaban adalah bulan untuk mendoakan Nabi Muhammad SAW, dan Ramadhan adalah bulan diturunkannya Al-Qur’an. 

Jumlah bulan dalam satu tahun dalam kalender hijriah adalah 12 bulan dan diantara 12 bulan itu ada 4 bulan yang sangat dihormati dan termasuk bulan haram. Yaitu bulan Dzulqa’dah, Dzulhijjah, Muharam, dan bulan Rajab.

Dinamakan bulan haram karena semua bentuk pertikaian dan pertempuran peperangan diharamkan pada bulan itu karena dianggap mulya dan barang siapa yang melanggarnya maka akan dikucilkan dan diberikan sanksi.

Kemuliaan ke empat bulan itupun tidak melebihi dari kemulyaan dan kehebatan serta keistimewaan bulan Ramadhan karena ramadhan disebut sebagai bulan umatku. Pada bulan rajab dianjurkan untuk memperbanyak ibadah dan amalan baik.
Bulan rajab yang mendekati bulan ramadhan juga menjadi bulan untuk mempersiapkan diri untuk menyambut bulan suci Ramdahan. 

Bulan yang paling agung dimana Allah menurunkan al-Quran dibulan ramadhan dan Allah berikan disepuluh hari pertama Ramadhan dengan kasih sayangnya sepuluh hari kedua dengan ampunannya dan sepuluh hari ketiga atau terakhir adalah pembebasan dari api neraka dimasukkan dalam surga al jannah na’im.

Pada bulan Ramadhan adanya malam seribu bulan yaitu malam kemuliaan dimana setiap amal umat manusia khususnya ummat dari baginda nabi Muhammad saw yang melaksanakan ibadah puasa akan dibalas Allah dengan pahala 1000 pahala.

Bulan Rajab terletak dua bulan sebelum ramadhan sebelum Syaban. Tiga rangkaian bulan ini sering dijadikan tirakat oleh para orang tua kita dalam menjalani kehidupan dengan istilah puasa tiga bulanan yang dimulai dari bulan rajab sampai dengan bulan ramadhan. 

Dalam hadist diatas dikatakan bahwa “bulan rajab adalah bulannya allah bulan yang patut dihormati, Rasulullah saw sangat menghormati bulan Rajab”. Ketika bulan rajab datang beliau mencari berkah, dengan berdoa yang artinya “ya Allah berkati kami dibulan rajab dan sya’ban dan semoga kami bisa sampai pada ramadhan “ (H.R. Imam Ahmad).

Rajab merupakan bulan pernikahan kedua orang tua rasulullah. Dalam islam ada beberapa bulan yang memiliki keistimewaan dan keutamaan untuk melakukan pernikahan, puasa ataupun sunnah lainnya.

Salah satu dari beberapa bulan yang memiliki keistimewaan tersebut adalah bulan Rajab. Dibulan ini juga Insyaallah saya akan melangsungkan pernikahan yang sakral dan diridhoi Allah Swt.

Alhamdulilah sangat bahagia sekali Allah telah mempertemukanku dengan jodoh ditahun ini dan dapat menikah dibulan Rajab bulan yang istimewa yang dimuliakan oleh Allah Swt. Semoga pernikahan kami selalu mendapatkan keberkahan dunia akhirat. Amiin.

Harapan yang baik atas apa yang telah Engkau berikan untuk hamba. Ya Allah terimakasih untuk semua hamba memohon ampun pada-Mu atas dosa yang telah aku lakukan, semoga Engkau selalu memberikan aku kesabaran yang tiada terbatas. Berikan aku kekuatan dan semangat yang baru untuk menempuh kehidupan yang baru untuk membangun rumah tangga yang sakinnah, mawaddah, warahmah bersama calon imamku nanti.

Semoga calon suamiku ini adalah jodoh yang dirahmati Allah swt. Berilah aku kekuatan dan keyakinan untuk hidup bersamanya, semoga calon suamiku ini yang akan membimbing aku dan menuntunku kedalam kebenaran, membuat aku dapat tunduk dan patuh atas segala perintahnya.

Semoga ini yang terbaik selalu diberikan kemudahan, kelancaran, dan selalu dalam lindungan Allah SWT. ***
(admin)


0 Komentar

Kirim Pesan

Hot News

Image

Kenyataan Setelah Lulus SMK

Image

Tahun 2022 Kutemukan Cinta Sejati

Image

Kenapa Guru Kimia?

PROFIL SEKOLAH

Kopi Produk Unggulan SMKN 1 Sukanagara

SMK Pusat Keunggulan

Gebyar Vaksinasi

Statistik Pengunjung

Flag Counter

Kontak

Alamat :

Jalan Raya Mekarsari Km.07 Gunungsari

Telepon :

085724452788

Email :

info@smkn1sukanagara.sch.id

Website :

smkn1sukanagara.sch.id

Media Sosial :