BERITA


Alam Mengajari Kita Lebih dari Buku

Oleh
Rian Andrianus, S.Pd.
(Guru/Wakasek Kesiswaan SMKN 1 Sukanagara)

"Camping atuh camping ulah working - working wae, beunghar henteu gelo heueuh…" Itulah salah satu ucapan atau kalimat yang sedang viral di Tiktok.

Sepertinya sangat cocok untuk menyemangati kita untuk liburan. Tentunya masa pandemi Covid-19 ini telah membuat kita jenuh dan perlu liburan untuk menyegarkan kembali pikiran.

Mengutip kalimat paling terkenal dari ilmuwan dunia Albert Einstein adalah, "Lihatlah alam secara seksama, maka kita akan mengerti segala hal dengan lebih baik".

Di dunia masa kini, dimana segalanya serba cepat dan padat akan aktivitas, kita seringkali melupakan pentingnya berhubungan dengan alam serta beragam manfaatnya.

Bahkan, menghabiskan beberapa menit saja di alam atau duduk sejenak di luar saja sudah sangat bermanfaat.

Salah satu hal terbaik dari melakukan camping adalah mendapatkan waktu untuk menjauh dari kepenatan aktivitas, teknologi, dan menghabiskan waktu dengan keluarga.

Kita pasti sering mendengar nasihat, bahwa kita harus menjauh dari gadget dan menghabiskan waktu lebih banyak dengan orang lain. Namun, hal tersebut bisa sulit dilakukan ketika kita sedang beraktivitas sehari-hari.

Dengan melakukan camping, kita bisa menghabiskan waktu berkualitas dengan keluarga, sambil menikmati alam, ngaliwet, jalan-jalan, dan meningkatkan kesehatan.

Dengan begitu, kita juga mengajarkan anak untuk lebih mencintai alam, belajar mandiri, keberanian, peduli terhadap lingkungan, dan menambah pengalaman hidup.

Salah satu manfaat berkemah lainnya adalah menghirup udara segar. Ahli sudah mewanti-wanti bahwa udara di dalam ruangan seringkali mengandung lebih banyak polusi ketimbang di udara luar.

Ahli merekomendasikan supaya sering-sering membuka jendela dan membuat ventilasi udara yang baik di rumah. 

Daerah yang memiliki banyak pohon dan tumbuhan memiliki konsentrasi oksigen yang lebih tinggi. Oleh sebab itu, berkemah di hutan memperlancar sistem pernafasan dan merelaksasi diri. 

 "Bumi dan langit, hutan dan ladang, danau dan sungai, gunung dan laut adalah guru sekolah yang sangat baik dan mengajari kita lebih dari yang bisa kita pelajari dari buku."
***
(admin)


0 Komentar

Kirim Pesan

Hot News

Image

Kenyataan Setelah Lulus SMK

Image

Tahun 2022 Kutemukan Cinta Sejati

Image

Kenapa Guru Kimia?

PROFIL SEKOLAH

Kopi Produk Unggulan SMKN 1 Sukanagara

SMK Pusat Keunggulan

Gebyar Vaksinasi

Statistik Pengunjung

Flag Counter

Kontak

Alamat :

Jalan Raya Mekarsari Km.07 Gunungsari

Telepon :

085724452788

Email :

info@smkn1sukanagara.sch.id

Website :

smkn1sukanagara.sch.id

Media Sosial :