BERITA


Cerita Anak Negeri: Perjuangan dan Pengorbanan

Oleh
Eneng Sulastri, M.Pd.
(Guru SMKN 1 Sukangara)

“Di setiap cita-cita yang harus digapai pasti harus ada pengorbanan”, itulah pepatah yang memotivasi kami untuk senantiasa belajar dengan sungguh-sungguh, walaupun jarak antara sekolah dengan rumah kami sangatlah jauh dan dengan keadaan jalan yang sangat aduhai terjal, berliku dan naik turun. Jaraknya kurang lebih 9 km, itu pun kami tempuh dengan jalan kaki.

Ketika orang lain baru bangun pagi, kami sudah mulai bersiap-siap untuk berangkat kesekolah. Setelah solat subuh kami berangkat ke sekolah dengan berbekal senter untuk menerangi jalan. Langkah demi langkah kami susuri, jalan yang terjal berbelok-belok, dan naik turun gunung, demi mendapatkan ilmu.

Selain pepatah di atas yang memotivasi kami untuk belajar menuntut ilmu, walaupun jarak antara sekolah dan tempat tinggal kami sangatlah jauh, juga kami tahu bahwa menuntut ilmu itu wajib dilakukan bagi umat muslim.

Dalam Al-quran dijelaskan bahwa menuntut ilmu itu akan meninggikan derajat orang tersebut. Sebagaimana Q.S. al-Mujadalah ayat 11 artinya “niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antara kamu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat”.

Rasulullah SAW pun bersabda, yang artinya “Barang siapa yang menginginkan kebahagiaan dunia, maka tuntutlah ilmu dan barang siapa yang ingin kebahagiaan akhirat, tuntutlah ilmu dan barang siapa yang menginginkan keduanya, ilmu pengetahuan”.

Dengan adanya dalil di atas, memotivasi kami semangat untuk menuntut ilmu walau dengan keadaan yang sangat jauh dan minim kendaraan atau transportasi. Selain kendala tersebut kami juga mengalami kendala lainnya seperti ketika datangnya musim penghujan kami harus berangkat kesekolah dengan diiringi air hujan dan keadaan jalan yang sangat licin.

Tak ayal kami mengalami insiden jatuh dan mengakibatkan baju kami kotor dan basah, selain itu kamipun dari rumah harus membawa baju ganti dan sepatu yang dijalan tidak digunakan diganti dengan sandal jepit supaya datang kesekolah sepatu dan baju kami tetap bersih dan rapih.

Dalam keadaan sekarang ini, dimana diberbagai belahan dunia sedang dilanda bencana dengan adanya virus mematikan yaitu virus corona, dan pembelajaran disekolah dihentikan yang digantikan dengan daring yaitu belajar dengan menggunakan jaringan dan dilakukan dirumah masing-masing.

Kami pun melakukan pembelajaran tersebut dan tidak menjadikan kami senang karena belajar dirumah, tetap saja kami menginginkan belajar di sekolah walaupun dengan keadaan yang sangat minim. Kenapa, kami memilih belajar di sekolah?

Karena di daerah tempat tinggal kami tidak ada jaringan internet, dan mengakibatkan kami sering ketinggalan pembelajaran yang guru berikan melalui internet.

Ketika kami mengikuti pembelajaran daring kami harus mencari dulu sinyal atau jaringan internet dengan berjalan kaki mencari tempat yang tinggi, dan tak sampai disitu perjuangan kami untuk mengikuti pembelajaran daring kami pun harus memiliki paket internet yang mendapatkannya pun sangat susah harus berjalan kaki dulu berkilo-kilo meter.

Walaupun demikian semangat menuntut ilmu yang kami punya tidak pernah surut kami lakukan. Kami bertekad dengan ilmu yang kami dapatkan nanti kami ingin memajukan daerah tempat tinggal kami supaya keadaannya lebih baik dalam segala bidang.

Kami berharap kepada siswa yang tidak memiliki kendala untuk menuntut ilmu seperti kami supaya belajar dengan giat, kerjakan tugas dari guru dengan tepat dan datang kesekolah dengan rajin jangan kalah dengan kami yang memiliki berbagai kendala.

Kini kami sudah lulus sekolah dan kami ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi lagi.***
(admin)


0 Komentar

Kirim Pesan

Hot News

Image

Kenyataan Setelah Lulus SMK

Image

Tahun 2022 Kutemukan Cinta Sejati

Image

Kenapa Guru Kimia?

PROFIL SEKOLAH

Kopi Produk Unggulan SMKN 1 Sukanagara

SMK Pusat Keunggulan

Gebyar Vaksinasi

Statistik Pengunjung

Flag Counter

Kontak

Alamat :

Jalan Raya Mekarsari Km.07 Gunungsari

Telepon :

085724452788

Email :

info@smkn1sukanagara.sch.id

Website :

smkn1sukanagara.sch.id

Media Sosial :