BERITA


LDKS OSIS dan IRMA 2022 Cetak Kepemimpinan Andal

Oleh
Rian Andrianus, S.TP.
(Guru SMKN 1 Sukanagara/Wakasek Kesiswaan)

Memimpin dalam sebuah organisasi merupakan sebuah proses dimana seseorang dapat mempengaruhi dan memberikan contoh kepada pengikutnya, dalam upaya mencapai tujuan organisasi tersebut. Kepemimpinan dalam organisasi akan menjadi lebih efektif jika seorang pemimpin telah mendapat respek dari anak buahnya.



LDKS (Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa) merupakan tahap pertama atau syarat yang harus dilalui para siswa dan siswi sebelum masuk menjadi pengurus OSIS. Pelatihan ini punya peran penting untuk membangun karakter kepemimpinan, di masa depan nanti ia bisa memberikan kontribusi terbaiknya untuk organisasi, sekolah, keluarga dan masyarakat.

Dalam pelatihan tersebut, semua siswa belajar harus mengikuti semua aturan yang telah ditetapkan dan apabila ada yang melanggar, sangsi pun diberlakukan. Berbagai tantangan yang dihadapi oleh setiap individu maupun kelompok tentunya memiliki sifat membangun karakter mereka ke arah yang positif. Beberapa kegiatan di antaranya adalah games dan PBB dan keterampilan dasar pengelolaan media informasi.



Dalam melaksanakan tugas kepengurusan, diperlukan adanya pembinaan atau latihan dasar untuk para pengurus OSIS, agar mereka paham tugas pokok dan tanggung jawab yang diemban. Dalam kegiatan ini tentunya akan dipandu oleh instruktur yang sudah berpengalaman

Berbagai materi yang diajarkan mencakup kemampuan siswa dalam berpikir, mampu berbicara di depan orang bijaksana, banyak mengeluarkan pendapat, hingga pemikiran seorang pemimpin yang bijaksana.



Pembinaan dirancang sedemikian rupa oleh Pembina OSIS sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Setelah kegiatan LDKS biasanya diadakan pelantikan, melalui LDKS bagi siswa atau mahasiswa diharapkan mampu menjadi pemimpin yang tangguh dan terus mengembangkan inovasi dan inovasi guna menggapai cita-cita mereka di masa depan.

kegiatan LDKS OSIS dan IRMA SMKN 1 Sukanagara masa bakti 2022-2023, dilaksanakan pada 21-22 Januari 2022. Bertempat di daerah nan sejuk dan asri yaituSMILING CINANGKA CAMPING GROUND Desa Sukakarya, Kec. Sukanagara. Tempat ini menjadi pilihan pelatihan LDKS 2022, karena selain masih alami juga dilengkapi fasilitas seperti are outbound, area camping, toilet, lapangan, river tubing dan sebagainya.



Salah satu praktik lapangan yang menantang keberanian mental siswada ialah ketika Peserta LDKS ditantang untuk mewawancarai para tamu pengunjung sebagai tugas dari materi jurnalistik (pengelolaan Media dan Informasi). Melalui wawancara ke pengunjung camping ground mereka dapat belajar berkomunikasi dan melatih mental mereka supaya lebih berani bersosialisasi.

Semoga kepengurusan OSIS dan IRMA masa bakti 2022-2023 dapat memberi dampak postif bagi kemajuan SMKN 1 Sukanagara ke depan.***
(admin)


0 Komentar

Kirim Pesan

Hot News

Image

Kenyataan Setelah Lulus SMK

Image

Tahun 2022 Kutemukan Cinta Sejati

Image

Kenapa Guru Kimia?

PROFIL SEKOLAH

Kopi Produk Unggulan SMKN 1 Sukanagara

SMK Pusat Keunggulan

Gebyar Vaksinasi

Statistik Pengunjung

Flag Counter

Kontak

Alamat :

Jalan Raya Mekarsari Km.07 Gunungsari

Telepon :

085724452788

Email :

info@smkn1sukanagara.sch.id

Website :

smkn1sukanagara.sch.id

Media Sosial :