BERITA


Kematian Itu Akan Datang Sesuai Waktunya

Oleh :
Muhamad Alwi, M.Tr.Pi
(Kepala SMKN 1 Sukanagara KCD Wilayah VI/KACI)


Hari Jum’at, tanggal 21 Januari 2022 jam 18.00 WIB, mendapatkan informasi melalui whatshap bahwa salah satu Pejabat di dinas pendidikan provinsi Jawa Barat menghebuskan nafas terakhirnya menghadap sang khalik. Bapak H. Asep Suhanggan Kepala Bidang GTK Dinas pendidikan provinsi Jawa Barat, beliau meninggal di saat masih melaksanakan tugasnya untuk memberikan pelayanan terbaik bagi seluruh pendidik dan tenaga kependidikan di Provinsi Jawa Barat. Penulis mengenal beliau sebagai sosok yang bersahaja, ramah terhadap bawahan, terbuka melayani siapapun yang akan menghadap kepada beliau. Bapak  H. Asep Suhanggan dengan segala kemampuan dan kredibilitiasnya yang memahami berbagai aturan-aturan tentang PTK, setiap penjalasan yang dia berikan tentang aturan baik itu pergubu, permen, perpres mampu dijelasakan dengan baik sehingga mudah dipahami pelaksanaannya, inilah yang penulis dapatkan selama berinteraksi dengan beliau.

Terakhir ketemu dengan beliau dalam kegiatan akselerasi percepatan pendidikan Jawa Barat untuk mewujudkan pendidikan Juara yang dilaksanakan oleh Tim Akselelerasi Pembangunan (TAP) Jawa Barat, bersama kepala SMK, Pengawas, dosen serta praktisi pendidikan. Kemampuan beliau melakukan pemetaan dan analisis PTK di Jawa Barat untuk mendukung berbagai program untuk meningkatkan mutu pendidikan Jawa Barat sangat baik. Bapak Asep Suhangga Allah rindu padamu, sosok yang sholeh dan taat beribadah semoga engkau tenang di Alam kuburmu, dengan berbagai amal yang engkau berikan akan menjadi cahaya yang menerangi alam kuburmu.

Atas nama keluarga besar SMKN 1 Sukanagara Kab. Cianjur melalui tulisan ini, penulis sebagai kepala sekolah atas nama pribadi dan unit kerja mengucapkan turut berduka cita atas meninggalnya Bapak Drs. H. Asep Suhanggan, M.M.Pd. Doa kami menyertai kepergianmu sebagai hamba Allah SWT yang sholeh, kami memohon kepada-Mu ya Allah semoga amal ibadahnya Engkau terima menjadikan beliau sebagai ahli surgamu, dan keluarga serta kerabatnya diberikan ketabahan menerima takdir yang Engkau tentukan ini. Ajal seseorang pasti akan datang sesuai dengan ketentuan-Mu ya Allah, sebagai hamba-Mu manusia tidak dapat menolak atau menghindar dari kematian ini, dan setiap jiwa pasti akan mengalami kematian dengan cara yang sudah ditentukan oleh Allah SWT. Dan setiap manusia mengharapkan kematian yang Husnul Khotimah.

Dalam berbagai Ayat Al-qur’an Allah SWT telah berfirman untuk mengingatkan manusia dan seluruh makhluk dimuka bumi ini tentang kematian yang pasti akan datang serta berbagai hadist Nabi Muhammad SAW. Dibawah ini beberapa ayat Al-Qur’an dan Hadist Nabi yang penulis kutip untuk menjadi pengingat bagi penulis ataupun siapan yang membaca tulisan ini, adapun ayat dan hadits tersebut sebagai berikut :

“ Sesuatu yang bernyata tidak akan mati melainkan dengan izin Allah, sebagai ketetapan yang telah ditentukan waktunya. Barang siapa menghendaki pahala dunia, niscaya Kami berikan kepadanya pahala dunia itu, dan barang siapa menghendaki pahala akhirat, Kami berikan (pula) kepadanya pahala akhirat itu. Dan Kami akan memberi balasan kepada orang-orang yang bersyukur.” (QS. Ali ‘Imran : 145).

“Kematian adalah takdir seluruh makhluk, manusia ataupun jin, hewan ataupun makhluk-makhluk lain, baik lelaki atau perempuan, tua ataupun muda, baik orang sehat ataupun sakit. Seperti dalam firman Allah Ta’ala berikut ini (yang artinya), “Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Dan sesungguhnya pada hari kiamat sajalah disempurnakan pahalamu. Barangsiapa dijauhkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam surga, maka sungguh ia telah beruntung. Kehidupan dunia itu tidak lain hanyalah kesenangan yang memperdayakan.” (QS. Ali Imran : 185)”.

“Di mana saja kamu berada, kematian akan mendapatkan kamu, kendatipun kamu di dalam benteng yang tinggi lagi kokoh.” (QS. An-Nisa’ : 78).

“Setiap manusia memiliki ajal, dan kematian tidak bisa dihindari dan kita tidak ada yang bisa lari darinya. Namun sayang, sedikit manusia yang mau bersiap menghadapinya. Seperti dalam firman Allah Ta’ala (yang artinya), “Katakanlah, “Sesungguhnya kematian yang kamu lari  daripadanya, maka sesungguhnya kematian itu kan menemui kamu, kemudian kamu akan dikembalikan kepada (Allah), yang mengetahui yang ghaib dan yang nyata, lalu Dia beritakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan.” (QS. Jumu’ah : 8)”.

“Dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda: “Jika manusia itu meninggal dunia, maka terputus amalnya kecuali tiga hal, shadaqah jariyah, ilmu yang bermanfaat, atau anak yang shalih yang mendoakannya,” (HR Al-Bukhari, Muslim, Abu Daud, At-Tirmidzi, An-Nasa’i)”.

“Dari Ibnu ‘Umar RA, Rasulullah SAW bersabda: “Jadilah di dunia seperti kamu mengembara atau berjuang di jalan Allah dan anggaplah dirimu (termasuk) dari ahli kubur,” (HR Ahmad, Abu Daud, At-Tirmidzi, Ibnu Majah)”.

Berdasarkan ayat-ayat Al-Qur’an dan Hadist Nabi Muhammad SAW di atas bisa memberikan peringatan kepada manusia bahwa kematian akan datang, tidak ada yang kekal di alam dunia ini, serta setiap makhluk Allah SWT akan meninggalkan alam dunia ini sesuai dengan ketentuan yang sudah di tetapkan-Nya. Sehingga seorang yang bunuh diri atau mengalami kecelakaan/musibah yang menurut pemikiran manusia pasti akan meninggal, tetapi kalau belum sesuai dengan ketetapan dari Allah SWT maka seseorang tersebut tidak akan mengalami kematian. Banyak kisah dan peristiwa yang sudah Allah perlihatkan kebesaran-Nya tentang kematian ini. Seperti halnya kecelakaan yang terjadi di Balikpapan pada hari Jum’at  21 Januari 2022, dimana kecelakaan beruntun yang mengakibat sebuah mobil yang terlindas truk tronton beberapa orang dalam mobil tersebut meninggal dunia, tetapi ada seorang bayi yang terhimpit tetapi tidak mengalami sesuatu apapun serta selamat, “ALLAHU AKBAR” itulah kebesaran-Nya.

Sehingga Rasulullah SAW telah mengingatkan kepada kita, yaitu agar umat manusia tidak meminta suatu kematian, sebagaimana hadits yang di riwayatkan oleh Bukhari : "Janganlah ada orang yang menginginkan mati karena kesusahan yang dideritanya. Apabila harus melakukannya hendaklah dia cukup berkata, "Ya Allah, tetap hidupkan aku selama kehidupan itu baik bagiku dan wafatkanlah aku jika kematian baik untukku.". Untuk itu janganlah meminta waktu untuk kita segera meninggalkan dunia ini, akan tetapi persiapkan amal ibadah untuk menerima kematian tersebut yang akan datang sesuai dengan ketetapan Allah SWT. Amal ibadah kita dimuka bumi ini akan menjadi bekal di akherat. Sebagaimana Rasulullah SAW memberikan nasihat kepada umatnya untuk senantiasa menyiapkan diri menghadapi kematian.

Seorang hamba yang selalu mengingat kematian akan menimbulkan rasa khawatir akan setiap yang dia lakukan di dunia yang fana, karena setiap tingkah laku kita akan dipertanggungjawabkan nantinya pada saat kita menuju ke negeri akhirat yang abadi. Kematian tidak mengenal usia, waktu ataupun penyakit tertentu agar setiap orang mempersiapkan diri untuk menghadapinya. Manusia tidak pernah lepas dari kondisi lapang dan sempit, sehingga dengan mengingat kematian, maka manusia tidak akan terlena ataupun berputus asa dari takdir. Untuk itu manusia yang mengingat kematian perlu melakukan selalu tiga yang mulia sebagai berikut, yaitu ; (1) Segera bertaubat, (2) Hati qanaah, dan (3) Giat ibadah.

Penulis mengingatkan diri sendiri dan seluruh Hamba Allah SWT, marilah kita mempersiapkan diri dengan segala amal ibadah selama masih diberikan kesempatan hidup oleh Allah SWT. Ingatlah selalu bahwa kematian pasti akan tiba waktunya, semoga Allah memberikan ketetapan hati kita menjadi hamba-Nya yang taat dan dijauhi dari berbagai tipuan duniawi yang selalu menjerumuskan kita kepada hal-hal yang tidak bermafaat sehingga menjadikan kita hamba Allah yang lalai. Jadikanlah kehidupan kita dunia ini sebagai persiapan untuk menuju negeri akherat dengan melakukan berbagai amal ibadah dan kebaikan. wallahu a'lam bishawab.***


0 Komentar

Kirim Pesan

Hot News

Image

Kenyataan Setelah Lulus SMK

Image

Tahun 2022 Kutemukan Cinta Sejati

Image

Kenapa Guru Kimia?

PROFIL SEKOLAH

Kopi Produk Unggulan SMKN 1 Sukanagara

SMK Pusat Keunggulan

Gebyar Vaksinasi

Statistik Pengunjung

Flag Counter

Kontak

Alamat :

Jalan Raya Mekarsari Km.07 Gunungsari

Telepon :

085724452788

Email :

info@smkn1sukanagara.sch.id

Website :

smkn1sukanagara.sch.id

Media Sosial :