NEWS UPDATE :  

BERITA

Bagaimana Teknologi Pendeteksi Kehidupan Bawah Laut Bekerja?

Teknologi kini telah menjadi hal yang penting dalam kehidupan manusia, bahkan dari kalangan atas hingga menengah kebawah sekalipun. Dimana upaya tersebut merupakan cara atau jalan di dalam mewujudkan kesejahteraan dan peningkatan daya penghasilan bagi masyarakat. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi ini ternyata memberi sumbangan besar bagi dunia keluatan di Indonesia. Bagaimana tidak, negara kepulauan dengan potensi sumber daya kelautan beraneka ragam ini telah memanfaatkan kemajuan iptek termasuk juga pada evolusi Iot 4.0. Pemanfaatan tersebut sudah bertujuan untuk mengoptimalkan penghasilan negara dari sumber daya kelautan serta menjadikan sumber pencarian masyarakat dalam bidang perikanan.


Dalam hal tersebut, penangkapan ikan merupakan aktifitas yang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat nelayan maupun bagi masyarakat luas. Masyarakat menjadikan sumber pencaharian mereka dengan penangkapan ikan, aktifitas ini sudah tidak asing lagi bagi masyarakat nelayan maupun bagi masyarakat luas.


Penangkapan ikan dapat dilakukan dengan menggunakan alat, mulai dari alat yang masih sederhana hingga alat penangkapan ikan yang sudah modern yang sudah dilengkapi dengan alat  sederhana yang digunakan untuk mengumpulkan ikan maupun alat-alat tambahan lainnya sebagai alat pendukung dalam penangkapan ikan.


Untuk itu, dalam penangkapan ikan nelayan perlu di butuhkan alat yang membantu mempermudah nelayan untuk mencari ikan. Salah satunya inovasi alat teknologi pendeteksi untuk keberadaan ikan, yaitu alat  Fish finder.


Alat ini merupakan alat yang dapat mendeteksi keberadaan ikan atau makhluk hidup lainnya dalam perairan dengan cara mengirimkan sonar, ketika gelombang suara menabrak objek maka gelombang suara akan dipantulkan lagi dan diterima oleh receiver kemudian diubah menjadi bentuk string data yang hasilnya ditampilkan pada display. fish finder ini sudah dilengkapi dengan GPS sehingga nelayan dapat menandai titik dimana ikan berada, membuat rute bahkan melihat kecepatan kapal.


Teknologi fish finder ini diharapkan dapat mengembangkan kegunaannya menjadi luas. Misalnya dapat dilengkapi lagi dengan menggunakan jaringan internet. Alat ini biasanya diletakan pada docking kapal, jadi kapal harus tetap berlayar  dan menandai titik dimana anda meletakan umpan.


Lebih efisien jika fish finder diletakan pada beberapa titik dengan radius kedalaman dan jarak lebih jauh sehingga bisa mendeteksi ikan dalam jangkauan yang lebih luas. Jika ikan terdeteksi maka gelombang suara diterima oleh receiver kemudian dikirim melalui jaringan internet ke database pada komputer atau aplikasi smartphone sehingga nelayan langsung mengetahui dimana titik ikan berkumpul dan langsung menuju lokasi. Perkembangan fish finder ini dapat meningkatkan eksplorasi sumber daya dengan cepat, optimal dan efisien.


Alat ini dapat mempermudah para nelayan mengetahui keberadaan posisi ikan. Dengan inovasi teknologi pendeteksi keberadaan ikan ini, para nelayan dapat meningkatkan penghasilan pencarian ikan mereka menggunakan alat ini. Sekaligus mewujudkan kesejahteraan dan peningkatan produksi pada bidang kelautan lebih unggul lagi bagi ekonomi di Indonesia.


Penulis: Indriyani (Alumni SMKN 1 Sukanagara;TKJ)

PROFIL SEKOLAH
Kontak
Alamat :

Jalan Raya Mekarsari Km.07 Gunungsari

Telepon :

085724452788

Email :

info@smkn1sukanagara.sch.id

Website :

smkn1sukanagara.sch.id

Media Sosial :
PPDB ONLINE
PENGUMUMAN UN
Statistik Pengunjung
Flag Counter