NEWS UPDATE :  

BERITA

Pemanfaatan Handphone Siswa dalam Pembelajaran

Kehadiran telepon selular (ponsel) atau handphone diakui telah merubah tingkah laku remaja saat ini termasuk kepada siswa. Tidak bisa dipungkiri, mereka sepertinya sudah kecanduan handphone. Kebutuhan terhadap handphone  sudah menjadi menu utama dalam keseharian mereka. Dampaknya tentu ada sisi positif dan ada negatifnya terhadap sikap dan tingkah laku.


Akhir-akhir ini, berdasarkan pengamatan, handphone lebih mereka gunakan terhadap hal-hal yang kurang bermanfaat, misalnya lebih sering dipakai main game online baik sendirian ataupun MABAR (main bareng), dari pada digunakan sebagai alat komunikasi atau untuk mengakses informasi yang mendukung pada pembelajaran mereka.


Jika keadaan ini dibiarkan, dikhawatirkan akan menggangu pada sikap, pola pikir dan tingkah laku mereka yang mengarah kepada hal-hal negatif, misalnya menjadikan mereka orang yang tidak peka sosial bahkan bisa jadi berpengaruh kepada ketidakstabilan emosi. Ini berbahaya kepada diri mereka dan lingkungan sosialnya. Arahan terhadap pemanfaatan teknologi yang positif, sebaiknya dilakukan oleh berbagai pihak termasuk penyelenggara pendidikan.


Misalnya di SMKN 1 Sukanagara, dalam kegiatan pembelajaran, guru mengarahkan siswa mengakses portal Rumah Belajar Kemdikbud (https://belajar.kemdikbud.go.id/). Bahkan dalam melakukan evaluasi pembelajaran, pada kegiatan Ujian Tengah Semester dan Penilain Akhir Semester, SMKN 1 Sukanagara akan mencoba menggunakan Smartphone berbasis android atau iOS dalam pengerjaan soalnya.


Secara teknis, ujian berbasis smartphone ini sangatlah mudah. Bahkan penggunaanya cukup dengan HP yang spesifikasinya sederhana asal berbasis android. Tidak harus menggunakan HP yang mahal dengan spesifikasi tinggi, misalnya memiliki RAM 4 gigabyte (GB) atau yang lainnya. Siswa cukup menggunakan HP Android yang sudah ada, HP dengan RAM 1 GB saja sudah bisa digunakan, yang terpenting bisa mengakses jaringan internet baik dengan wifi atau jaringan data internet sendiri.


Siswa akan dibimbing oleh pengawas ujian, agar bisa masuk ke laman google chrome, lalu menuliskan url/alamat di bagian atas google chrome yang sudah disiapkan. Setelah selesai url/alamat diinput maka bisa masuk ke halaman ujian, lalu bisa langsung mengerjakan ujian sesuai waktu yang telah ditentukan, setelah selesai mengerjakan semua soal, nilainya akan langsung dilihat oleh masing-masing siswa.


Dengan demikian handphone yang dimiliki siswa akan lebih bermanfaat, semoga dengan usaha ini siswa di SMKN 1 Sukanagara menyadari bahwa dengan handphone yang mereka miliki saat ini, ternyata bisa dimanfaatkan untuk belajar banyak hal.

Penulis: Imam Munandar, S.T

PROFIL SEKOLAH
Kontak
Alamat :

Jalan Raya Mekarsari Km.07 Gunungsari

Telepon :

085724452788

Email :

info@smkn1sukanagara.sch.id

Website :

smkn1sukanagara.sch.id

Media Sosial :
PPDB ONLINE
PENGUMUMAN UN
Statistik Pengunjung
Flag Counter